Sabtu, 18 Juni 2016

Makalah Entrepreneur Survei Toko Mainan





KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt, yang atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusunan makalah ini telah dapat di selesaikan. Penulisan makalah ini adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah entrepreneurship di Nusa Mandiri Bekasi. Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang terhingga kepada pihak-pihak yang membantu menyelesaikan penelitian
ini, khususnya kepada :                       
1.   Bapak Andrie Kurniawan selaku Dosen Pembimbing Mata Kuliah Entrepreneursip yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran dalam pelaksanaan bimbingan,pengarahan,dorongan dalam rangka penyelesaian makalah ini.
2.   Para Karyawan “hobimainan.com” yang telah bersedia meluangkan waktu dalam penyelesaian makalah ini.
3.   Rekan-rekan semua di kelas 11.1A.11 yang telah membantu menyelesaikan pembuatan makalah ini.
4.  Secara Khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis, baik selama mengikuti perkuliahan maupun dalam menyelesaikan Makalah ini.
5.   Dan Semua Pihak yang telah memberikan bantuan dalam penyelesaian makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah SWT, memberikan balasan atas kebaikan kepada pihak-pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna oleh karena itu kritik dan saran sangat diharapkan oleh penulis. Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkompeten.



Bekasi, 14 Oktober 2015


Penulis


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI................................................................................................................ 1

I    PENDAHULUAN................................................................................................2

1.1      Latar Belakang.................................................................................................2
1.2      Tujuan Penelitian.............................................................................................3
1.3      Manfaat Penelitian...........................................................................................3

II   PEMBAHASAN....................................................................................................4

1.1      Latar Belakang Perusahaan......................................................................... 4
1.2      Analisis Pasar dan Pemasaran.................................................................... 5
1.3      Pengiriman Barang......................................................................................... 9
1.4      Rencana Pengembangan Produksi............................................................ 9

III  PENUTUP............................................................................................................ 11

I.    Kesimpulan...................................................................................................11
II.  Saran-saran.................................................................................................. 11



    
BAB PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah
Banyak  jalan menuju kesuksesan, salah satu diantaranya dengan membuat cikal-bakal bisnis yang diharapkan mampu mengembangkan daya kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa. Hanya orang bernyali besar-lah yang mampu meng-gelontorkan sejumlah dana demi sebuah harapan yang belum pasti.
Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.
Peluang usaha di depan mata, tidak ada salahnya kalau kita memulainya sekarang. Inilah yang melatarbelakangi berdirinya usaha “TOKO MAINAN(hobimainan.com)”.
         Di tengah krisis keuangan yang membelit di seluruh dunia, bisnis mainan masih tetap tumbuh pesat,bahkan diprediksi menjadi bisnis yang paling menjanjikan. Secara keseluruhan, strategi para pelaku bisnis minan tersebut hampir sama,semuanya masuk dalam pasar bisnis dengan strategi tidak jauh berbeda satu dengan yang lainnya. Contoh salah satunya adalah dengan mengembangkan strategi inovasi. Strategi inovasi yang dikembangkan termasuk inovasi biaya dan produk untuk mengatasi perubahan kebutuhan.
         Inovasi merupakan kemampuan untuk menerapkan solusi-solusi kreatif terhadap masalah-masalah dan peluang-peluang tersebut,guna memajukan atau memperkaya kehidupan manusia. Dalam memulai berbisnis seseorang harus berani mengambil resiko-resiko contohnya dengan menggunakan uang tabungannya bahkan meminjam uang sekalipun hanya berdasarkan keyakinan bahwa ia sanggup menghasilkan produk-produk yan berkualitas dan dengan biaya yang murah. Dalam kaitannya dengan suatu bisnis, resiko merupakan kemungkinan kerugian yang dihubungkan dengan asset dan potensial pendapatan usaha.
         Pendiri dari usaha toko mainan ini adalah Bapak Idham Halim A dengan status menikah dan tamatan perguruan tinggi S1 IT. Sebelumnya bapak Idham bekerja di DETIK.COM.  Sebelum ia mendirikan toko ini, ia menjual mainannya lewat sistem online yang dapat di lihat di situs hobimainan.com. Setelah ia memiliki uang, ia baru membuka toko nya.


1.2       Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari pada penelitian ini adalah
1.   Mendeskripsikan Profil Bisnis mainan usaha dari Bpk. Idham Halim A di daerah Bekasi.
2.   Mendeskripsikan profil pengelola mainan di daerah Bekasi.
3.   Mengungkapkan perjalanan usaha bisnis mainan di daerah Bekasi.
4.   Memenuhi tugas dari mata kuliah Entrepreneurship di STMIK Nusa Mandiri.

1.3       Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah :
·        Bagi STMIK Nusa Mandiri
Diharapkan penelitian ini dapat memberikan tambahan referensi yang dapat dimanfaatkan sebagai kepustakaan bagi STMIK Nusa Mandiri.

·        Bagi Penulis
Dengan adanya penelitian ini diharapkan penulis dapat mengerti mengenai dunia bisnis yang sebenarnya, dan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah di dapat selama di bangku perkuliahan.

·        Pemilik Usaha
Melalui penelitian ini diharapkan para pemilik usaha lebih memahami mengenai Entrepreneurship yang dapat mempengaruhi bisnis mainan mereka miliki. Sekaligus memberikan masukan dalam menghadapi persaingan bisnis mainan di masa depan.




PEMBAHASAN

1.1    Latar Belakang Perusahaan
   A.   Nama dan Alamat Usaha.
Nama Usaha         : Toko Mainan (hobimainan.com)
Alamat                  : Jl. Lingkar Luar Utara (Kaliabang). Bekasi Utara
Bidang                  : Mainan
                                         
   B.   Nama dan Alamat Pemilik.
Sekilas tentang pemilik, Toko Mainan(hobimainan.com) berdiri pertama kali pada tahun 2010.
Profil Pemilik         : Idham Halim A
Pendidikan            : S1 TI
Status                    : Menikah

   C.   Karyawan
Toko Mainan(hobimainan.com) ini di pimpin langsung oleh Bpk. Idham Halim A sebagai pemilik usaha. Toko ini dibuka dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Karyawannya berjumlah tujuh orang. Dan ada yang Sarjananya. Untuk Karyawan biasa, akan menerima gaji sebesar  ±Rp 1.000.000,-. Dan untuk sarjananya akan menerima gaji seberasr ±Rp 2.500.000,- setipa bulannya.

   D.   Perlengkapan Usaha
Ø  Estalase
Ø  2 buah komputer
Ø  Kertas kado
Ø  Alat printer
Ø  Telephone

   E.   Motivasi
Berikut Motivasi-motivasi yang mendorong pemilik usaha untuk meneruskan bisnisnya :
Ø  Ingin membiayai keluarga dengan hasil beliau sendiri.
Ø  Ingin bekerja mandiri tanpa bantuan orang lain.
Ø  Ingin mempuanyai usaha yang akan dipertahankan sampai seterusnya.

   F.    Tentang “Toko Mainan(hobimainan.com)”
Toko Mainan(hobimainan.com) merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang mainan. Mainan ini beraneka ragam, mulai dari mainan untuk balita sampai mainan untuk anak-anak usia 12 tahun. Toko ini dibuka setiap har Senin-Minggu. (hari libur tetap buka). Toko ini terdapat sistem penjualan online, yang bisa di akses di internet dengan membuka situs hobimainan.com, pengiriman secara online-nya dilakukan dengan Jasa Pengiriman JNE,POS, dan DAKOTA. Toko ini tidak mempunyai cabang lain. Harga mainan di toko ini dimulai dari Rp 5.000,- sampai Rp 500.000,-.

1.2       Analisis Pasar dan Pemasaran
   A.   Produk  yang dihasilkan
Produk-produk yang ditawarkan di Toko Mainan(hobimainan.com) yaitu mainan dari berbagai macam bentuk dengan harga yang beragam yang tentunya sangat terjangkau, berikut daftar mainan yang di tawarkan di Toko Mainan(hobimainan.com) :
Ø  Jam Tangan Peluncur Koin Hulk. Jam tangan avenger, bisa melontarkan koin dan juga ada jam digital.
Harga Eceran Rp. 35.000,-.
Harga Reseller Rp. 31.500,-.


Ø  Pot berbentuk boneka berbahan serbuk kayu yang lucu. Tersedia benihnya. Padi,gandum atau bayam merah tanah,dan petunjuk menanam,tinggal siram. Mengajarkan anak untuk bercocok tanam dengan cara yang menyenangkan.
Harga Eceran Rp 35.000,-.
Harga Reseller Rp. 30.000,-
Ø  Rc Quadcopter Airfun Mini Drone With Built-in Camera. Mini Quadcopter dengan 6 axis dan gyro yang dilengkapi dengan built-in camera untuk  mengambil foto atau merekam video. Langsung dapat micro SD Card 1 Gb. Heli sudah kami tes secara fisik dan fungsi, tidak ada garansi.
Harga Eceran Rp. 650.000,-.
Harga Reseller Rp. 620.000,-.

Ø  RC Flying Anna
Princess elsa bisa terbang. Ada, music OST frozen versi komplitnya. Disertai lampu kelap-kelip. sebelum kami kirim sudah di tes secara fisik dan fungsi ada dokumentasi CCTV. Tidak ada garansi.
Harga Eceran Rp. 175.000,-.
Harga Reseller Rp. 164.500,-.

Ø  RC Helicopter HX 703 3,5 Channel Ghyroscope+Adaptor Listrik (kuning, Merah)
Bisa terbang. Terbuat dari metal ringan. Baterai dapat di Charge kembali. Stabil dengan 3,5ch Naik-Turun, Puter Kiri-Kanan, Maju-Mundur+Gyroscope.
          Harga Eceran Rp. 230.000,-.
          Harga Reseller Rp. 219.500,-.      

Ø  Super Karaoke Pink Model-A. Bisa dicolok kabel dari ipod atau mp3 player. Mainan mic untuk anak berKaraoke ria. Bisa dicolok kabel dari ipod atau mp3 player. Speakernya tertanam di micnya, bernyanyi-nyanyi Karaoke lagu kesayangan, si putri tak perlu repot-repot lagi menggunakan baterai AA.
Harga Eceran Rp. 65.000,-
Harga Reseller Rp. 61.500,-.

Ø  Sandal Boneka Selop Anak SD(Doraemon,Hello Kity,Piglet,Tazmania,Snoopy).
Harga Eceran Rp. 45.000,-.
Harga Reseller Rp. 40.000,-.

Ø  PSP Play Star Digital 36 Bit DV-900 Sega + 2 Kaset + Analog (Pink, Hijau). Game Portable Sega 36 Bit dengan 2 kartu memory yang berisi ribuan permainan dan ada Joystick Analog sebelah kanan dan kiri. Dengan layar berwarna, bersuara, baterai bisa di charge kembali, tersedia kantong pouch agar tak rusak dibawa kemana-mana.
Harga Eceran Rp. 165.000,-.
Harga Reseller Rp. 161.500,-.

Ø  Mainan Walkie Talkie Thomas. Mainan Walkie Talkie untuk anak-anak bermain berkomunikasi jarak jauh. Tidak termasuk baterai kotak 9 volt. Dijual segel.
Harga Eceran Rp. 50.000,-.
Harga Reseller Rp. 46.500,-.


Ø  Puzzle Spon 5cmx5cm. Berisi 36 Puzzle huruf dari A-Z dan angka dari 0-9 berukuran 5cmx5cm.
Harga Eceran Rp. 20.000,-.
Harga Reseller Rp. 17.500,-.


B.   Strategi Pemasaran
Ditengah-tengah  persaingan yang sangat ketat dalam industri mainan pemilik tetap mempunyai trik-trik sendiri untuk mempertahankan usahanya agar tetap berjalan sesuai keinginan, adapun trik-trik itu adalah sebagai berikut:
·         Tetap menjaga etika pelayanan kepada customer hal ini mempunyai tujuan supaya customer tidak kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh karyawan . Sehingga customer akan balik lagi dan membeli produk-produknya.
·         Promosi lewat media internet dengan website Hobimainan.com

1.3       Pengiriman Barang
Pengiriman produk-produk mainan ini dilakukan melalui pengimporan dari China. Sehingga semua produk mainan ini berlabelkan Made in China. Dan terdapat juga produk mainan asal Indonesia. Dominan toko ini lebih banyak mainan yang berasal dari China, karena di Indonesia produksi mainan masih sedikit. Dan harga mainan dari China lebih murah dari pada mainan produk Indonesia.

1.4       Rencana Pengembangan Produksi
   A.   Rencana Pengembangan Usaha
Tidak puas dengan hasil bisnis yang sudah di dapatkan saat ini, maka pemilik toko mainan ini mempunyai rencana dalam waktu dekat ini yaitu akan menambahkan mainan-mainan yg bermutu, berkualitas dan lebih trending, dan memperluas tempat usahanya.

   B.   Harapan-harapan
1.   Ingin membuka cabang toko mainan di daerah lain.
2.   Ingin usaha main dikenal di dunia bukan hanya di indonesia saja.
3.   Memperluas toko mainan dengan harapan bisa menambah karyawan. Sehingga bisa menguranggi angka pengganguran di negara Indonesia.

   C.   Suka Duka Yang Pernah Di Alami
Bisnis Toko Mainan ini sudah memberikan banyak perubahan dalam hidup pemiliknya, baik dalam kehidupan pribadinya maupun kehidupan keluarganya. Semuanya itu disyukuri sebagai rizki yang diberikan Tuhan kepadanya. Dalam menjalani bisnis toko mainan ini pemilik banyak mengalami suka duka, diantaranya ialah:
Ø  Bisa mendapatkan penghasilan dari usahanya sendiri tanpa harus buruh kepada orang lain.
Ø  Bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.
Ø  Bisa membantu saudara-saudaranya.
                                                             
       Selain semangat untuk mewujudkan harapan-harapan pemilik terhadap usahanya dan menikmati hasil yang sudah didapatkan dari usahanya ada juga kendala-kendala yang tidak bisa dipungkiri lagi untuk terjadi yang mungkin kadang terasa berat, seperti:
1.   Mendapat cacian dari customer yang menganggap pelayanannya kurang memuaskan.
2.   Karena lahan parkir yang kurang sedangkan pengunjung yang sangat ramai, tidak jarang juga dapat teguran dari tetangga sebelah kanan dan kiri lahan parkirnya terpakai.
3.   Kesehatan tidak terjaga karena setiap hari harus bekerja, sehingga daya tahan tubuh sering turun.


   D.   Omset Penghasilan
Penghasilan kotor dari usaha toko mainan ini sendiri untuk setiap harinya ± Rp. 800.000,-/ hari dan satu bulannya bisa mencapai ± Rp. 16.800.000,-. Setiap datang kiriman barang mainan yang dibutuhkan memerlukan ± Rp. 900.000,-. Gaji karyawan setiap tiga puluh hari sekali Rp. 12.000.000,-. Dan biaya-biaya lain diperkirakan Rp. 800.000,-/bulan. Maka dapat dihitung keuntungan bersihnya Rp. 10.300.000,-/bulan. Keuntungan itu sudah dianggap lebih dari cukup oleh pemilik toko ini.




PENUTUP

I.     KESIMPULAN
          Dari Uraian diatas dan didukung oleh penelitian penulis ditempat lokasi Bisnis Usaha Toko Mainan (hobimainan.com) maka penulis dapat menyimpulkan bahwa seorang entrepreneur membutuhkan kemauan dan tekad yang tinggi untuk memulai usaha. Namun seorang entrepreneur juga harus mempunyai jiwa entrepreneurial leadership dan juga keterampilan-keterampilan untuk membangun usaha untuk lebih maju. 

II.   SARAN-SARAN
     Asah kreativitas dan kejelian bisnis anda laris manis, itulah buah dari hasil kerja anda selama ini. Jangan anda merasa puas dulu, para kompetitor/pesaing sudah banyak bertebaran. Kita lengah sedikit, bisa saja bisnis kita mengalami kemacetan.  Maka rajin-rajinlah melakukan manuver yang brilian. Jika laba sudah “menggunung”, kepakkan sayap. Anda bisa membuka cabang di tempat lain dan bersiap-siaplah rupiah akan mengalir deras masuk ke kantong anda. Jangan berhenti mencoba, jika gagal coba lagi.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar