|
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt, yang atas rahmat dan karunia-Nya
sehingga penyusunan makalah ini telah dapat di selesaikan. Penulisan makalah
ini adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan
tugas mata kuliah entrepreneurship di Nusa Mandiri Bekasi. Dalam penulisan
makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang terhingga kepada
pihak-pihak yang membantu menyelesaikan penelitian
ini, khususnya kepada :
1.
Bapak Andrie Kurniawan selaku Dosen Pembimbing Mata
Kuliah Entrepreneursip yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran dalam
pelaksanaan bimbingan,pengarahan,dorongan dalam rangka penyelesaian makalah
ini.
2.
Para Karyawan “hobimainan.com” yang telah bersedia
meluangkan waktu dalam penyelesaian makalah ini.
3.
Rekan-rekan semua di kelas 11.1A.11 yang telah
membantu menyelesaikan pembuatan makalah ini.
4. Secara Khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada
keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian
yang besar kepada penulis, baik selama mengikuti perkuliahan maupun dalam
menyelesaikan Makalah ini.
5.
Dan Semua Pihak yang telah memberikan bantuan dalam
penyelesaian makalah ini.
Akhirnya
penulis berharap semoga Allah SWT, memberikan balasan atas kebaikan kepada
pihak-pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari
bahwa makalah ini jauh dari sempurna oleh karena itu kritik dan saran sangat
diharapkan oleh penulis. Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi semua pihak yang berkompeten.
Bekasi, 14 Oktober 2015
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI................................................................................................................ 1
I PENDAHULUAN................................................................................................2
1.1 Latar
Belakang.................................................................................................2
1.2 Tujuan
Penelitian.............................................................................................3
1.3 Manfaat
Penelitian...........................................................................................3
II PEMBAHASAN....................................................................................................4
1.1 Latar
Belakang Perusahaan......................................................................... 4
1.2 Analisis
Pasar dan Pemasaran.................................................................... 5
1.3 Pengiriman
Barang......................................................................................... 9
1.4 Rencana
Pengembangan Produksi............................................................ 9
III PENUTUP............................................................................................................ 11
I. Kesimpulan...................................................................................................11
II. Saran-saran.................................................................................................. 11
BAB
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Masalah
Banyak jalan menuju kesuksesan, salah satu
diantaranya dengan membuat cikal-bakal bisnis yang diharapkan mampu
mengembangkan daya kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan
keberanian yang luar biasa. Hanya orang bernyali besar-lah yang mampu
meng-gelontorkan sejumlah dana demi sebuah harapan yang belum pasti.
Bisnis adalah sebuah pembelajaran,
dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan
dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga
kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi
kesuksesan usaha tersebut.
Peluang usaha di depan mata, tidak
ada salahnya kalau kita memulainya sekarang. Inilah yang melatarbelakangi
berdirinya usaha “TOKO MAINAN(hobimainan.com)”.
Di tengah krisis keuangan yang membelit di seluruh
dunia, bisnis mainan masih tetap tumbuh pesat,bahkan diprediksi menjadi bisnis
yang paling menjanjikan. Secara keseluruhan, strategi para pelaku bisnis minan
tersebut hampir sama,semuanya masuk dalam pasar bisnis dengan strategi tidak
jauh berbeda satu dengan yang lainnya. Contoh salah satunya adalah dengan
mengembangkan strategi inovasi. Strategi inovasi yang dikembangkan termasuk
inovasi biaya dan produk untuk mengatasi perubahan kebutuhan.
Inovasi
merupakan kemampuan untuk menerapkan solusi-solusi kreatif terhadap
masalah-masalah dan peluang-peluang tersebut,guna memajukan atau memperkaya
kehidupan manusia. Dalam memulai berbisnis seseorang harus berani mengambil
resiko-resiko contohnya dengan menggunakan uang tabungannya bahkan meminjam
uang sekalipun hanya berdasarkan keyakinan bahwa ia sanggup menghasilkan
produk-produk yan berkualitas dan dengan biaya yang murah. Dalam kaitannya
dengan suatu bisnis, resiko merupakan kemungkinan kerugian yang dihubungkan
dengan asset dan potensial pendapatan usaha.
Pendiri
dari usaha toko mainan ini adalah Bapak Idham Halim A dengan status menikah
dan tamatan perguruan tinggi S1 IT. Sebelumnya bapak Idham bekerja di
DETIK.COM. Sebelum ia mendirikan toko
ini, ia menjual mainannya lewat sistem online yang dapat di lihat di situs
hobimainan.com. Setelah ia memiliki uang, ia baru membuka toko nya.
1.2 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari pada penelitian
ini adalah
1. Mendeskripsikan
Profil Bisnis mainan usaha dari Bpk. Idham Halim A di daerah Bekasi.
2. Mendeskripsikan
profil pengelola mainan di daerah Bekasi.
3. Mengungkapkan
perjalanan usaha bisnis mainan di daerah Bekasi.
4. Memenuhi tugas
dari mata kuliah Entrepreneurship di STMIK Nusa Mandiri.
1.3 Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah
:
·
Bagi STMIK Nusa Mandiri
Diharapkan penelitian ini dapat
memberikan tambahan referensi yang dapat dimanfaatkan sebagai kepustakaan bagi
STMIK Nusa Mandiri.
·
Bagi Penulis
Dengan adanya penelitian ini
diharapkan penulis dapat mengerti mengenai dunia bisnis yang sebenarnya, dan
untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah di dapat selama di bangku
perkuliahan.
·
Pemilik Usaha
Melalui penelitian ini diharapkan
para pemilik usaha lebih memahami mengenai Entrepreneurship yang dapat
mempengaruhi bisnis mainan mereka miliki. Sekaligus memberikan masukan dalam
menghadapi persaingan bisnis mainan di masa depan.
PEMBAHASAN
1.1
Latar Belakang
Perusahaan
A. Nama dan
Alamat Usaha.
Nama Usaha : Toko Mainan (hobimainan.com)
Alamat : Jl. Lingkar Luar Utara (Kaliabang). Bekasi Utara
Bidang : Mainan
B.
Nama dan Alamat Pemilik.
Sekilas tentang pemilik, Toko
Mainan(hobimainan.com) berdiri pertama kali pada tahun 2010.
Profil Pemilik : Idham Halim A
Pendidikan : S1 TI
Status : Menikah
C.
Karyawan
Toko Mainan(hobimainan.com) ini di
pimpin langsung oleh Bpk. Idham Halim A sebagai pemilik usaha. Toko ini dibuka
dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Karyawannya berjumlah tujuh orang. Dan ada
yang Sarjananya. Untuk Karyawan biasa, akan menerima gaji sebesar ±Rp 1.000.000,-. Dan untuk sarjananya akan
menerima gaji seberasr ±Rp 2.500.000,- setipa bulannya.
D.
Perlengkapan Usaha
Ø
Estalase
Ø
2 buah komputer
Ø
Kertas kado
Ø
Alat printer
Ø
Telephone
E.
Motivasi
Berikut Motivasi-motivasi yang
mendorong pemilik usaha untuk meneruskan bisnisnya :
Ø
Ingin membiayai keluarga dengan hasil beliau sendiri.
Ø
Ingin bekerja mandiri tanpa bantuan orang lain.
Ø
Ingin mempuanyai usaha yang akan dipertahankan sampai
seterusnya.
F.
Tentang “Toko Mainan(hobimainan.com)”
Toko Mainan(hobimainan.com)
merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang mainan. Mainan ini beraneka ragam,
mulai dari mainan untuk balita sampai mainan untuk anak-anak usia 12 tahun.
Toko ini dibuka setiap har Senin-Minggu. (hari libur tetap buka). Toko ini terdapat
sistem penjualan online, yang bisa di akses di internet dengan membuka situs
hobimainan.com, pengiriman secara online-nya dilakukan dengan Jasa Pengiriman
JNE,POS, dan DAKOTA. Toko ini tidak mempunyai cabang lain. Harga mainan di
toko ini dimulai dari Rp 5.000,- sampai Rp 500.000,-.
1.2
Analisis Pasar dan
Pemasaran
A.
Produk yang
dihasilkan
Produk-produk yang ditawarkan di
Toko Mainan(hobimainan.com) yaitu mainan dari berbagai macam bentuk dengan
harga yang beragam yang tentunya sangat terjangkau, berikut daftar mainan yang
di tawarkan di Toko Mainan(hobimainan.com) :
Ø
Jam Tangan Peluncur Koin Hulk. Jam tangan avenger,
bisa melontarkan koin dan juga ada jam digital.
Harga
Eceran Rp. 35.000,-.
Harga
Reseller Rp. 31.500,-.
Ø
Pot berbentuk boneka berbahan serbuk kayu yang lucu.
Tersedia benihnya. Padi,gandum atau bayam merah tanah,dan petunjuk
menanam,tinggal siram. Mengajarkan anak untuk bercocok tanam dengan cara yang
menyenangkan.
Harga Eceran Rp
35.000,-.
Harga Reseller Rp.
30.000,-
Ø
Rc Quadcopter Airfun Mini Drone With Built-in Camera.
Mini Quadcopter dengan 6 axis dan gyro yang dilengkapi dengan built-in camera
untuk mengambil foto atau merekam
video. Langsung dapat micro SD Card 1 Gb. Heli sudah kami tes secara fisik dan
fungsi, tidak ada garansi.
Harga
Eceran Rp. 650.000,-.
Harga
Reseller Rp. 620.000,-.
Ø
RC Flying Anna
Princess
elsa bisa terbang. Ada, music OST frozen versi komplitnya. Disertai lampu
kelap-kelip. sebelum kami kirim sudah di tes secara fisik dan fungsi ada
dokumentasi CCTV. Tidak ada garansi.
Harga
Eceran Rp. 175.000,-.
Harga
Reseller Rp. 164.500,-.
Ø
RC Helicopter HX 703 3,5 Channel Ghyroscope+Adaptor
Listrik (kuning, Merah)
Bisa
terbang. Terbuat dari metal ringan. Baterai dapat di Charge kembali. Stabil
dengan 3,5ch Naik-Turun, Puter Kiri-Kanan, Maju-Mundur+Gyroscope.
Harga
Eceran Rp. 230.000,-.
Harga
Reseller Rp. 219.500,-.
Ø
Super Karaoke Pink Model-A. Bisa dicolok kabel dari
ipod atau mp3 player. Mainan mic untuk anak berKaraoke ria. Bisa dicolok kabel
dari ipod atau mp3 player. Speakernya tertanam di micnya, bernyanyi-nyanyi
Karaoke lagu kesayangan, si putri tak perlu repot-repot lagi menggunakan
baterai AA.
Harga Eceran Rp. 65.000,-
Harga Reseller Rp. 61.500,-.
Ø
Sandal Boneka Selop Anak SD(Doraemon,Hello
Kity,Piglet,Tazmania,Snoopy).
Harga Eceran Rp. 45.000,-.
Harga Reseller Rp. 40.000,-.
Ø
PSP Play Star Digital 36 Bit DV-900 Sega + 2 Kaset +
Analog (Pink, Hijau). Game Portable Sega 36 Bit dengan 2 kartu memory yang
berisi ribuan permainan dan ada Joystick Analog sebelah kanan dan kiri. Dengan
layar berwarna, bersuara, baterai bisa di charge kembali, tersedia kantong pouch
agar tak rusak dibawa kemana-mana.
Harga Eceran Rp. 165.000,-.
Harga Reseller Rp. 161.500,-.
Ø
Mainan Walkie Talkie Thomas. Mainan Walkie Talkie
untuk anak-anak bermain berkomunikasi jarak jauh. Tidak termasuk baterai kotak
9 volt. Dijual segel.
Harga Eceran Rp. 50.000,-.
Harga Reseller Rp. 46.500,-.
Ø
Puzzle Spon 5cmx5cm. Berisi 36 Puzzle huruf dari A-Z
dan angka dari 0-9 berukuran 5cmx5cm.
Harga Eceran Rp. 20.000,-.
Harga Reseller Rp. 17.500,-.
B. Strategi
Pemasaran
Ditengah-tengah persaingan yang sangat ketat dalam industri
mainan pemilik tetap mempunyai trik-trik sendiri untuk mempertahankan usahanya
agar tetap berjalan sesuai keinginan, adapun trik-trik itu adalah sebagai
berikut:
·
Tetap menjaga etika pelayanan kepada customer hal ini mempunyai
tujuan supaya customer tidak kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh
karyawan . Sehingga customer akan balik lagi dan membeli produk-produknya.
·
Promosi lewat media internet dengan website
Hobimainan.com
1.3
Pengiriman Barang
Pengiriman produk-produk mainan ini
dilakukan melalui pengimporan dari China. Sehingga semua produk mainan ini
berlabelkan Made in China. Dan terdapat juga produk mainan asal Indonesia.
Dominan toko ini lebih banyak mainan yang berasal dari China, karena di
Indonesia produksi mainan masih sedikit. Dan harga mainan dari China lebih
murah dari pada mainan produk Indonesia.
1.4
Rencana Pengembangan
Produksi
A. Rencana
Pengembangan Usaha
Tidak puas dengan hasil bisnis yang
sudah di dapatkan saat ini, maka pemilik toko mainan ini mempunyai rencana
dalam waktu dekat ini yaitu akan menambahkan mainan-mainan yg bermutu,
berkualitas dan lebih trending, dan memperluas tempat usahanya.
B. Harapan-harapan
1. Ingin membuka
cabang toko mainan di daerah lain.
2. Ingin usaha
main dikenal di dunia bukan hanya di indonesia saja.
3. Memperluas
toko mainan dengan harapan bisa menambah karyawan. Sehingga bisa menguranggi
angka pengganguran di negara Indonesia.
C. Suka Duka Yang
Pernah Di Alami
Bisnis Toko Mainan ini sudah
memberikan banyak perubahan dalam hidup pemiliknya, baik dalam kehidupan
pribadinya maupun kehidupan keluarganya. Semuanya itu disyukuri sebagai rizki
yang diberikan Tuhan kepadanya. Dalam menjalani bisnis toko mainan ini pemilik
banyak mengalami suka duka, diantaranya ialah:
Ø
Bisa mendapatkan penghasilan dari usahanya sendiri
tanpa harus buruh kepada orang lain.
Ø
Bisa memenuhi kebutuhan keluarganya.
Ø
Bisa membantu saudara-saudaranya.
Selain semangat untuk mewujudkan
harapan-harapan pemilik terhadap usahanya dan menikmati hasil yang sudah
didapatkan dari usahanya ada juga kendala-kendala yang tidak bisa dipungkiri
lagi untuk terjadi yang mungkin kadang terasa berat, seperti:
1. Mendapat
cacian dari customer yang menganggap pelayanannya kurang memuaskan.
2. Karena lahan
parkir yang kurang sedangkan pengunjung yang sangat ramai, tidak jarang juga
dapat teguran dari tetangga sebelah kanan dan kiri lahan parkirnya terpakai.
3. Kesehatan
tidak terjaga karena setiap hari harus bekerja, sehingga daya tahan tubuh
sering turun.
D. Omset
Penghasilan
Penghasilan kotor dari usaha toko
mainan ini sendiri untuk setiap harinya ± Rp. 800.000,-/ hari dan satu
bulannya bisa mencapai ± Rp. 16.800.000,-. Setiap datang kiriman barang mainan
yang dibutuhkan memerlukan ± Rp. 900.000,-. Gaji karyawan setiap tiga puluh
hari sekali Rp. 12.000.000,-. Dan biaya-biaya lain diperkirakan Rp. 800.000,-/bulan.
Maka dapat dihitung keuntungan bersihnya Rp. 10.300.000,-/bulan. Keuntungan
itu sudah dianggap lebih dari cukup oleh pemilik toko ini.
PENUTUP
I. KESIMPULAN
Dari
Uraian diatas dan didukung oleh penelitian penulis ditempat lokasi Bisnis
Usaha Toko Mainan (hobimainan.com) maka penulis dapat menyimpulkan bahwa
seorang entrepreneur membutuhkan kemauan dan tekad yang tinggi untuk memulai
usaha. Namun seorang entrepreneur juga harus mempunyai jiwa entrepreneurial
leadership dan juga keterampilan-keterampilan untuk membangun usaha untuk
lebih maju.
II. SARAN-SARAN
Asah
kreativitas dan kejelian bisnis anda laris manis, itulah buah dari hasil kerja
anda selama ini. Jangan anda merasa puas dulu, para kompetitor/pesaing sudah
banyak bertebaran. Kita lengah sedikit, bisa saja bisnis kita mengalami
kemacetan. Maka rajin-rajinlah
melakukan manuver yang brilian. Jika laba sudah “menggunung”, kepakkan sayap.
Anda bisa membuka cabang di tempat lain dan bersiap-siaplah rupiah akan
mengalir deras masuk ke kantong anda. Jangan berhenti mencoba, jika gagal coba
lagi.
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar